Hajatan Warga Jakarta Geser ke Tangerang

Limitasi sosial bertaraf besar (PSBB) diperketat di DKI Jakarta semenjak 14 September. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan cuma memperkenankan pernikahan di Kantor Kepentingan Agama (KUA) serta kantor catatan sipil.

Tetapi, industri penyuplai layanan acara pesta pernikahan tidak kehilangan akal. Acara pesta pernikahan yang di Jakarta dilarang juga diakali dengan menggesernya ke wilayah penyangga yang telah meluluskan acara pesta pernikahan seperti Tangerang serta Bogor.

“Nah geser kotanya, kan DKI ini diperketat, jadi anggota saya banyak yang berubah yang paling dekat dengan wilayah penyangga ibu kota yakni jika tidak ke Bogor, ke-2 yakni ke wilayah Tangerang,” kata Ketua Umum Perkumpulan Pebisnis Pernikahan serta Gaun Indonesia (APPGINDO) Andie Oyong waktu dikontak detikcom, Minggu (20/9/2020).

Ia menerangkan Tangerang mendapatkan limpahan banyak dari masyarakat Jakarta untuk mengadakan acara pesta pernikahan.

Disamping itu, ada pula yang pilih percepat acara pernikahan sebelum diresmikan PSBB ketat. Yang sebelumnya akan diadakan tanggal 19 serta 20 September ini juga sangat terpaksa dimajukan satu minggu.

“Moment-nya dipercepat, yang harusnya tanggal 19 atau tanggal 20. Jadi seperti buat project Roro Jonggrang, semua dimajukan di Pekan lalu di tanggal 12 serta 13. Tetapi jika tanggal 13-nya itu, kemungkinan jika 13 itu angkanya tidak bagus, mereka mostly di tanggal 12,” ucapnya.

Adapula yang tunda acara pernikahan ke tahun kedepan dengan keinginan telah diperkenankan mengadakan acara pesta di DKI Jakarta.

“Di-pending lagi sampai situasi sangat mungkin, yakni dapat jadi tahun kedepan.  Ditambah lagi mengingat seperti situasi di Pemda kan banyak yang terkena (Corona) serta wafat ya,” jelas ia.

Andie memberikan tambahan jika penyuplai layanan pernikahan sebagai anggota APPGINDO tidak ada yang nekat menyalahi ketentuan dengan mengadakan acara pesta pernikahan di DKI Jakarta.

“Selama ia anggota APPGINDO tidak ada yang berani menyalahi di DKI Jakarta,” tegasnya.

By Yesenia

Leave a Reply

Your email address will not be published.