Pemerintah Siapkan Insentif Fiskal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memiliki komitmen untuk merealisasikan pembangunan yang berkepanjangan lewat penguatan ide circular economy lewat industri hijau. Cara ini adalah realisasi dari Ketentuan Presiden Nomor 18 tahun 2020 mengenai Gagasan Pembangunan Periode Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, yang arahkan kebijaksanaan kenaikan nilai lebih ekonomi.

“Dalam usaha pemakaian sumber daya berkepanjangan serta perolehan pembangunan berkepanjangan, Kemenperin meningkatkan ide circular economy berbentuk kebijaksanaan Industri Hijau untuk menjaga nilai produk agar dipakai berulang-ulang tanpa ada membuahkan sampah lewat pekerjaan recycle, reuse, atau remanufacture,” kata Kepala Tubuh Riset serta Peningkatan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Doddy menerangkan, ide circular economy bukan hal yang baru buat Indonesia, sebab semenjak enam tahun kemarin lewat penerbitan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014, Kemenperin sudah memutuskan salah satunya arah untuk merealisasikan industri yang mandiri, berkapasitas saing, serta maju, dan ke arah industri hijau.

Hingga dapat menyesuaikan pembangunan Industri dengan kelestarian peranan lingkungan hidup dan bisa memberi faedah buat warga” tuturnya.

SIH yang diputuskan oleh Menteri Perindustrian berisi persyaratan berkaitan usaha efektivitas serta efisiensi sumber daya.

Saranai itu adalah mandat dari Ketentuan Pemerintah No. 29 Tahun 2018 mengenai Pendayagunaan Industri, yang mengatakan jika pemerintah bisa memberi sarana baik berbentuk fiskal atau non-fiskal.

Salah satunya tipe saranai yang sudah diberi pemerintah ialah saranai pembiayaan proses sertifikasi industri hijau. Semenjak tahun 2017-2019, sekitar 31 perusahaan industri sudah memperoleh sarana itu. “Tahun ini kami akan meneruskan program saranai pembiayaan itu untuk 15 perusahaan, serta akan kembali lagi dianggarkan untuk tahun 2021. Hal itu adalah bukti loyalitas kami untuk memberikan dukungan perusahaan industri mengaplikasikan industri hijau,” tegasnya.

By Yesenia

Leave a Reply

Your email address will not be published.